S/TAR Feedback

HOW TO?

Ask For Permission

"Boleh saya berikan kamu feedback?"

Describe the Situation/Task

"Pada meeting pagi ini, ketika kamu mengajukan unit-mu untuk memimpin proyek ini..."

Describe The Action

"... kamu katakan, bahwa unit saya yang akan menyiapkan semua material hari rabu besok..."

Tell The Result

"Ketika kamu mengatakan seperti itu, saya merasa tidak senang karena kamu belum menanyakan pada saya apakah unit saya mampu menangani permintaan tersebut."

Recognition 

Suggestion for Improvement

"Apa yang kamu lakukan sudah baik. Untuk lebih efektif-nya bagaimana kalau kamu juga berinisiatif membuat laporan bayangan terlebih dahulu sebelum tanggal deadline"

Hal yang perlu diperhatikan...

Intonasi
Bahasa Tubuh
Kontak Mata
Jaga Emosi
Hindari Tempat Umum

Jenis S/TAR Feedback

  • Meningkatkan rasa percaya diri karyawan

  • Karyawan akan mempertahankan prilaku dan tindakan

  • Berikan pujian atau pengakuan atas keberhasilannya

Feedback positif
  • Berikan saran dengan cara yang benar.

  • Diskusikan cara/ alternatif tindakan yang efektif jika individu kembali dihadapkan pada situasi yang sama.

Feedback for improvement

Learn More...

Rumah Contoh

Situation/Task

“Sehubungan dengan terlambatnya pembangunan rumah contoh karena kelalaian kontraktor, maka management memutuskan untuk menunda acara promosi yang sudah kita edarkan ke publik...”

Action

“...saat kamu tahu bahwa acara promosi harus ditunda, kamu dengan segera berinisiatif membuat daftar kontak pelanggan dan vendor acara lalu kamu menghubungi mereka segera sehari setelahnya...”

Result

“... alhasil tidak ada komplain dari calon pelanggan maupun vendor acara yang terlibat dalam acara promosi sehubungan dengan penundaan tersebut. Good Job Tuti! Management dan khususnya saya sangat bangga dengan kinerjamu.”

Recepsionist

Situation/Task

“Sudah 2 bulan kantor kita tidak mempunyai resepsionis. Hal ini menyebabkan telepon dari pelanggan banyak yang tidak terjawab. Oleh karena itu, tanggung jawab menerima telepon diserahkan ke kamu, Siska...”

Action

“... namun, kamu juga jarang mengangkat telepon yang masuk dari line telepon resepsionis...”

Result

“... sehingga banyak komplain yang masuk. Pelanggan atau vendor langsung telepon ke nomor pribadi karyawan dan marah karena saat telepon ke kantor tidak pernah diangkat. Alhasil, hal ini juga menganggu karyawan.”

Budget

Situation/Task

“Sehubungan dengan budget training tahun ini diperketat, maka kami tugaskan kamu, Linda untuk mengkoordinasikan program “sharing knowledge” antar sesama karyawan...”

Action

“... demi mensukseskan program ini, kamu sudah baik sekali dengan membuat daftar pembicara dan mengirimkan undangan ke karyawan setiap minggunya...”

Result

“... sehingga, pada bulan ke-4 semua karyawan sudah bersedia sharing tanpa ditunjuk. Meskipun pada 3 bulan pertama kamu harus lebih aktif melakukan pendekatan dan memberikan dorongan kepada karyawan.”